Tata Cara Resign Yang Baik Sesuai Etika Kerja

Tata Cara Resign Yang Baik Sesuai Etika Kerja


PlazaAgro.com - Resign merupakan sebuah pilihan saat suatu perusahaan sudah tidak membuat kita nyaman untuk bekerja, baik itu karena faktor internal maupun eksternal. Hal tersebut sangat wajar, Karena pada akhirnya kita selalu akan dihadapkan pada peningkatan kebutuhan serta tantangan baru yang membuat hidup lebih bermakna.



Bagaimana Tata Cara Mengundurkan Diri Yang Baik?




Bekerja adalah salah satu cara kita dalam menghargai dan menerapkan keahlian yang kita miliki, bukan hanya sebatas untuk mencukupi kebutuhan finansial semata. 

Seharusnya prinsip itulah yang patut di pahami oleh setiap orang atau setidaknya pada diri saya sendiri agar selalu menambah ketrampilan sehingga bisa bekerja sesuai keinginan.

Namun, dunia kerja itu ternyata lebih kejam dari yang bisa kita perkirakan, di awal kuliah kita sudah mempelajari dan melihat prospek pekerjaan apa kira-kira yang akan kita dapat dengan mantap seolah jalan yang dilalui akan cukup mudah, setelah lulus sekolah atau kuliah yang sebenarnya terjadi adalah jalan menuju pekerjaan tersebut ternyata sudah sangat kompetitif, akhirnya kita terpaksa mengambil pekerjaan lain yang tidak sesuai minat dan kapasitas.

Sedikit cerita diatas adalah kisah nyata yang sering dialami oleh para pekerja, khususnya untuk fresh graduate. 

Mereka yang mengalami kejadian inilah yang akhirnya seringkali memutuskan untuk resign atau keluar dari pekerjaannya karena menganggap kurang pas untuk dirinya atau salah satu sebab lainnya.

Sialnya, sebagai mahasiswa yang baru lulus dan belum berpengalaman di dunia kerja, mereka seringkali menyepelekan dalam proses resign atau menggundurkan diri yang baik dan benar. Bahkan beberapa kasus ada yang keluar begitu saja tanpa memberi kabar. Sangat disayangkan!

Tata cara proses menggundurkan diri yang baik dan benar nantinya bukan hanya berdampak pada perusahaan, akan tetapi juga berdampak pada diri kita sendiri, misalnya jika suatu saat kita ingin bekerja kembali di perusahaan tersebut, atau jika kita butuh rekomendasi atau cerita dari pengalaman bekerja sebelumnya, sedikit banyak perusahaan akan memberikan kesan baik jika kita juga meninggalkannya dengan kesan baik pula.

Nah, berikut merupakan tahapan dan tata cara proses resign atau mengundurkan diri yang baik dan benar menurut PlazaAgro.com semoga bermanfaat.



  • 1. Sebelum Mengajukan Surat Pengunduran Diri Diskusikan Terlebih Dahulu Secara Informal Dengan Atasan


Tidak ada salahnya mengutarakan pemikiran kita kepada atasan, baik tentang konsep baru, inovasi atau gagasan, termasuk juga untuk masalah niat kita mengundurkan diri dari perusahaan. Pertama sampaikan hal tersebut secara informal dengan diskusi dan kapan rencana kita akan mengundurkan diri, 


Selanjutnya: 2. Sampaikan Surat Pengunduran Diri Ke Perusahaan Minimal 1 Bulan Sebelumnya



Follow Twitter @PlazaAgro


Tata Cara Resign Yang Baik Sesuai Etika Kerja | Andy N | 5

0 komentar:

Posting Komentar